Mamuju Media Center
NEWS TICKER
Sabtu, 14 Maret 2020 | 8:31 am
Reporter:
Posted by: mamuju media center
Dibaca: 121

PRODUK SULBAR BUTUH BRANDING?. (Zulfihadi. Owner Kopi Cap Maraddia)

PRODUK SULBAR BUTUH BRANDING?.
(Zulfihadi. Owner Kopi Cap Maraddia)
========================

Mamuju,MMC.COM-Seminggu terakhir, brand dan branding menjadi tema yang mengisi perbincangan kami dengan beberapa pengusaha muda. Baik di Polman, Jakarta maupun di Mamuju. Entah sesi tatap muka, maupun melalui gadget.

Tidak bisa dipungkiri bahwa brand dan branding memegang peranan terbesar untuk suksesnya selling yang berujung keprofit. Saking pentingnya, seorang SBY perlu menggunakan jasa branding yang membuahkan kemenangannya dipilpres 2009-2014, demikian juga Fauzibowo yang menjadi gubernur DKI 2007-2012. Belum lagi ahli goreng ayam Mc. Donald atau mi instan sejuta umat, semua rela mengeluarkan uang puluhan bahkan ratusan juta untuk jasa pakar branding.

Bagi banyak pelaku UMKM, terkadang brand hanya dipahami sebagai merk/nama produk saja. Sehingga cenderung mengesampingkan unsur-unsur lain yang memperkuat brand produk itu sendiri. Lalu muncullah produk yang miss-mach. Penetapan harga benturan dengan segmen market (mestinya harga mahal tapi produk lebih cocok untuk kalangan bawah sehingga harga tidak terjangkau. Mau jual murah supaya kalangan bawah bisa beli, modal juga nda sampai), segmen market tidak sesuai dengan tampilan produk (mestinya dipasarkan ke luar pulau, tapi penyampaian pesannya di kemasan produk hanya dipahami orang lokal), dan banyak lagi ketidak pas-an yang lain.

Brand mempunyai fungsi vital di dalam keberlangsungan produk dan usaha, di antaranya:
1. Sebagai identitas produk.
2. Meningkatkan daya jual, dan yang tidak kalah pentingnya adalah,
3. Mengurangi permintaan anugrah alias “anu” gratis, yang benar-benar menguras modal pelaku UKM sebab seringkali jumlahnya melebihi nilai biaya target promosi.
Lalu bagaimana membangun branding?.

(Bersambung)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

PT.DUA KAWAN SULBAR -Mamujumediacenter.com Copyright 2018 ©. All Rights Reserved.