Mamuju Media Center
NEWS TICKER
Selasa, 22 September 2020 | 11:42 am
Reporter:
Posted by: mamuju media center
Dibaca: 253

Bank Sulselbar Bersama PT.Ghivaudan menjalin Sinergi dan Kolaborasi kepada Petani dan UMKM dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)

Bank Sulselbar Bersama PT.Ghivaudan menjalin Sinergi dan Kolaborasi kepada Petani dan UMKM dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)

Mamuju,MMC.COM. PT.Bank Sulselbar sebagai salah satu lembaga perbankan milik daerah melakukan terobosan baru dalam rangka mensukseskan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang di gagas oleh Pemerintah Pusat.

(Direktur Pemasaran &Syariah Bank Sulselbar Hj.Rosmala Arifin SE,MM saat memberikan cindera mata kepada Kepala Cabang PT.Ghivaudhan Indonesia)

Terobosan tersebut dilaksanakan dalam bentuk membangun kolaborasi bersama investor minyak nilam PT.Ghivaudan Indonesia dalam rangka peningkatan produksi Minyak Nilam para petani Nilam di Kabupaten mamuju.

(Field trip Dirpem BSSB bersama kelompok Tani ,PT.Ghivaudan dan Pimpinan Cabang BSSB Se Sulbar)

Pertemuan kemitraan PT.Bank Sulselbar, PT.Ghivaudan Indonesia yang di hadiri oleh seluruh kelompok Tani Nilam yang ada di Kabupaten Mamuju juga di hadiri oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Barat , Ir.Waris Bestari, Kepala Kanwil Perbendaharaan Prov Sulawesi Barat ,Imik Eko Putro , Anggota DPRD Prov Sulawesi Barat ,Rayu,Direktur Pemasaran Dan Syariah BSSB Hj.Rosmala Arifin ,SE,MM ,Pimpinan Cabang Utama BSSB Mamuju, H.Syarifuddin Haruna ,SE,MM serta seluruh pimpinan cabang BSSB Se -Sulawesi Barat. Kegiatan ini di laksanakan di Rumah Produksi Pengolahan Kelompok Tani Nilam kecamatan Kalukku, 21 Oktober 2020.

Direktur Pemasaran Dan Syariah Bank Sulselbar ,Hj.Rosmala Arifin, SE ,MM mengatakan bahwa Bank sulselbar saat ini melalui salah satu produk perbankannya yakni penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) fokus membantu seluruh pelaku UMKM dalam rangka peningkatan kesejahteraan para petani dan pelaku UMKM lainnya.,Tutur Rosmala.

Selain itu ,tentunya sangat di harapkan kepada para petani KUR ini dikelola dengan baik sehingga kontinuitas program dapat berjalan dengan baik. Dirinya juga mengharapkan dengan adanya pola kemitraan yang terjalin bersama PT.Ghivaudan tentunya tingkat keberhasilan program ini semakin meningkat dengan disiapkannya tenaga Agronomis oleh PT.Ghivaudan yang dapat membantu knowledge petani Nilam dalam Budidaya Tanaman Nilam.”ujar Direktur Pemasaran PT.Bank Sulselbar ini.

Wanita yang juga berdarah mandar ini mengemukakan kepada para Kelompok Tani Nilam yang tersebar diseluruh wilayah sulawesi barat bahwa pihaknya siap dan terbuka untuk membantu para petani dalam pemenuhan Modal melalui program KUR yang di salurkan oleh seluruh cabang Bank Sulselbar yang ada di sulawesi barat.

Sementara itu, Kadis Perkebunan Prov Sulawesi Barat, Ir.Waris Bestari mengemukakan bahwa pihaknya saat ini memang fokus dalam pengembangan beberapa komoditi tanaman perkebunan, salah satunya Tanaman nilam namun masih terkendala dengan total sebaran jumlah kelompok tani nilam yang ada disulawesi barat. namun dirinya sangat mengapresiasi kegiatan pola kemitraan ini yang di gagas oleh Bank sulselbar. Waris,mengatakan bahwa tanaman ini memang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi dan dalam waktu dekat akan melakukan koordinasi dengan asosiasi petani nilam untuk program selanjutnya.’ papar Kadisbun.

Pimpinan Bank Sulselbar Cabang Utama Mamuju, Syarifuddin Haruna SE,MM mengatakan bahwa pihaknya sejak tahun 2018 sudah mulai menginisiasi program pengembangan tanam nilam melalui prog KUR, saat itu produksi petani baru mencapai sekitar 2- 3 ton per bulan, namun hingga saat ini melalui program KUR ini dan pola kemitraan bersama PT.Ghivaudan produksi rata-rata sudah mencapai 6 hingga 8 ton perbulan dan jika di rupiahkan senilai 3-4 Milyar perbulan, tentunya angka ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di pedesaan. “papar Syarif.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

PT.DUA KAWAN SULBAR -Mamujumediacenter.com Copyright 2018 ©. All Rights Reserved.