Mamuju Media Center
NEWS TICKER
Rabu, 27 Maret 2019 | 7:36 am
Reporter:
Posted by: mamuju media center
Dibaca: 197

Puluhan Guru Berikan Dukungan Terhadap Harlawan Yang Menjalani Pemeriksaan Di Polres Mamuju

Puluhan Guru Berikan Dukungan Terhadap Harlawan Yang Menjalani Pemeriksaan Di Polres Mamuju

Laporan: Shirman

MAMUJU,MMC.COM– Ikatan Guru Indonesia (IGI) Wilayah Sulawesi Barat mendatangi Polres ‘Metro’ Mamuju. Kedatangan guru tersebut dalam rangka memberikan support terhadap Harlawan yang menjalani pemeriksaan di Sat Reskrim Polres Mamuju, Senin (23/3/2019).

Harlawan diperiksa terkait laporan orang tua murid atas dugaan penganiayaan terhadap muridnya yang terjadi di SMK 06 Kalukku.

Ketua IGI Wilayah Sulbar Hilman Paturusi yang dikonfirmasi mengatakan, kedatangannya bersama guru lainnya merupakan dukungan terhadap Harlawan.

Hilman Paturusi berharap, pemeriksaan yang dijalani Harlawan mengungkapkan fakta-fakta kebenaran bahwa sebenarnya Harlawan ini melakukan proses mendidik.

“Kita berharap Harlawan ini tidak sampai menjadi tersangka, kita harapkan pemeriksaan ini memberikan dan mengungkapkan fakta-fakta kebenaran bahwa pak Harlawan ini melakukan proses mendidik sebenarnya bukan melakukan tidakan kekerasan dan semacamnya”ujarnya

Hilman menegaskan, DPW IGI Sulbar dan IGI Kabupaten Mamuju akan melakukan gerakan mogok mengajar apabila terdapat kriminilisasi didalam proses penyelidikan terhadap Harlawan.

“Kita lihat dulu prosesnya, apabila ada dugaan kriminilisasi terhadap guru dan terlihat prosesnya seperti itu yaa kita akan melakukan gerakan-gerakan seperti mogok mengajar. Saya lihat solidaritas dari teman-teman guru ini bahwa apabila proses kasus Harlawan ini meningkat dan sampai menjadi tersangka maka akan melukai perasaan kami sebagai guru”urainya

Ditempat yang sama, ketua IGI Kabupaten Mamuju Rustam Afandi menambahkan bahwa, pada intinya kalau penyelidikan Harlawan ini meningkat menjadi tersangka maka para guru tersebut cukup memberi pelajaran tampa didikan.

“Yaa cukup kita mengajar saja tidak usah mendidik karena ini akan menjadi berbahaya bagi para pendidik”tambah Rustam Afandi

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Mamuju Syamsuriansyah memamparkan, terkait persoalan tersebut pihaknya akan melakukan proses sesuai aturan terhadap laporan kedua pihak.

“Kami akan proses sesuai aturan, buktinya yang melaporkan Harlawan ini sudah jadi tersangka. Tugas kami untuk bisa membuktikan terpenuhi unsur pidananya atau tidak “kata Kasat Reskrim Polres Mamuju

Dijelaskannya bahwa jika didalam proses penyelidikan itu kita tidak menemukan bukti dan fakta untuk pidana maka pihaknya akan hentikan, tetapi jika dalam proses penyelidikan itu ditemukan bukti ataupun unsur pidana yang terpenuhi pasti kami akan naikkan kedalam proses penyidikan.

“Jika prosesnya terpenuhi maka kita akan lanjutkan kasus ini tapi tentu dengan pertimbangan dan aturan yang ada”tutup Samsuriansyah

Terkait kasus tersebut, DPW IGI Sulawesi barat akan menggelar aksi solidaritas pada Jumat (29/3/2019) dengan kisaran massa sekitar 50 orang.

Untuk diketahui, orang tua murid yang melaporkan Harlawan saat ini mendekam di penjara. Ia menjadi tersangka atas penganiayaan yang dilakukan terhadap Harlawan. (Man)

Berita Lainnya

PT.DUA KAWAN SULBAR -Mamujumediacenter.com Copyright 2018 ©. All Rights Reserved.