Mamuju Media Center
NEWS TICKER
Jumat, 6 Maret 2020 | 2:10 pm
Reporter:
Posted by: mamuju media center
Dibaca: 442

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Mamuju, Ajak Peran Aktif Masyarakat dan Pemerintah Daerah Dalam Mensukseskan Pelaksanaan Program Strategis Nasional (PTSL)

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Mamuju, Ajak Peran Aktif Masyarakat dan Pemerintah Daerah Dalam Mensukseskan Pelaksanaan Program Strategis Nasional (PTSL)

Mamujumediacenter.com,Mamuju-Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Mamuju, Agus Indra Murti ,ST,MT mengajak peran aktif seluruh lapisan masyarakat dan pemangku kebijakan di kabupaten Mamuju untuk berperan aktif mensukseskan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di tahun 2020.

Hal ini diungkapkan oleh Kakantah Mamuju Agus Indra Murti, ST,MT saat ditemui Redaksi MMC.COM di ruang kerjanya ,Jumat 06 Maret 2020.

Agus Indra menjelaskan bahwa Program PTSL ini merupakan mandat dari Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional sebagaimana telah dilakukan sejak tahun 2017.

Kegiatan PTSL ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia bagi semua objek pendaftaran Tanah di wilayah RI.Adapun Tujuan dari PTSL ini adalah di harapkan memberikan Kepastian hukum ,perlindungan Hukum ,meminimalisir konflik/sengketa tanah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kemudahan dalam pengurusan asset maupun akses pertanahan
“papar Agus.

Lebih jauh Agus menjabarkan bahwa, dalam pelaksanaan PTSL ini di harapkan partisipasi masyarakat dengan dari segi kelengkapan data yuridis yakni menyiapkan data-data/berkas pendaftaran tanah seperti : Bukti penguasaan tanah ,dasar pembelian tanah, KTP,Kartu Keluarga, PBB dan berkas pendukung lainnya terkait tanah yang akan di mohonkan haknya. Selain itu masyarakat juga di himbau untuk aktif dalam pemasangan patok batas tanah di lapangan.”ujar Agus.

Dari Sisi peran aktif pemerintah daerah dalam PTSL ini diharapkan melakukan koordinasi dan kerjasama mulai dari tingkat Desa/Kelurahan sampai tingkat Kabupaten yakni membanru mensosialiasikan Program PTSL ini di setiap pertemuan di tingkat Desa maupun kelurahan dengan masyarakatnya.”lanjut Agus.

Mudah-mudahan kedepannya PTSL ini dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai target yang telah di tetapkan sehingga target pemerintah pusat secara Nasional terkait tanah-tanah di seluruh indonesia dapat terpetakan di tahun 2024 mendatang.”tutup Agus.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

PT.DUA KAWAN SULBAR -Mamujumediacenter.com Copyright 2018 ©. All Rights Reserved.