Mamuju Media Center
NEWS TICKER
Senin, 20 Mei 2019 | 4:16 am
Reporter:
Posted by: mamuju media center
Dibaca: 60

Dandim 0735/Surakarta Ikuti Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-111 tahun 2019*

*Dandim 0735/Surakarta Ikuti Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-111 tahun 2019*

Surakarta,MMC.COM– Komandan Kodim (Dandim) 0735/Surakarta Letkol inf Ali Akhwan S,E bersama dengan segenap Unsur Forkopimda Kota Surakarta mengikuti Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-111 tahun 2019 yang digelar di Tugu Lilin Jl Dr Wahidin Kel Penumping Kec Laweyan Kota Surakarta,Senin(20/5).

Bertindak selaku Inspektur upacara Ketua DPRD Kota Surakarta Drs. Teguh Prakoso, dan untuk Komandan upacara dijabat oleh Danramil 04/Jebres Kapten Inf Edi Susilo, serta diikuti oleh 800 orang peserta.

Sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Rudiantara yang dibacakan oleh Inspektur upacara menyampaikan bahwa dalam naskah Sumpah Palapa yang ditemukan pada Kitab Pararaton tertulis: Sira Gajah Madapatih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada: “Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tañjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samanaisun amukti palapa”.

Memang ada banyak versi tafsiran atas teks tersebut, terutama tentang apa yang dimaksud dengan “amukti palapa”. Umumnya para ahli sepakat bahwa amukti palapa berarti sesuatu yang berkaitan dengan laku prihatin sang Mahapatih Gajah Mada. Artinya, ia tak akan menghentikan mati raga atau puasanya sebelum mempersatukan Nusantara. Sumpah Palapa tersebut merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111, 20 Mei 2019, kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa tersebut. Kita berada dalam situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita.

Apalagi peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini juga dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadan Hingga pada akhirnya, pada ujung bulan Ramadan nanti, kita bisa seperti Mahapatih Gadjah Mada, mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih. Dengan semua harapan tersebut, kiranya sangat relevan apabila peringatan Hari Kebangkitan Nasional, disematkan tema “Bangkit Untuk Bersatu”. Kita bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai negara kesatuan Republik Indonesia.

Turut hadir dalam pelaksanaan kegiatan upacara tersebut Walikota Surakarta FX Rudyatmo, Danlanud Adi Sumarmo Kol Pnb Damanik, Ketua DPRD Surakarta Teguh Prakoso, Dan Grup 2 Kopassus Letkol Inf Aulia, Dandenpom Letkol CPM Gunawan, Wakapolresta Surakarta AKBP Andi Rifai, serta Jajaran UPD Pemkot Surakarta.

(Arda 72 , Pendim 0735/Surakarta).

Berita Lainnya

PT.DUA KAWAN SULBAR -Mamujumediacenter.com Copyright 2018 ©. All Rights Reserved.