Mamuju Media Center
NEWS TICKER
Minggu, 18 Agustus 2019 | 4:50 pm
Reporter:
Posted by: mamuju media center
Dibaca: 46

Reaksi Cepat Anggota Polres Metro Mamuju Padamkan Kebakaran Hutan Di Pulau Karampuang  

Reaksi Cepat Anggota Polres Metro Mamuju Padamkan Kebakaran Hutan Di Pulau Karampuang

 

Mamuju,MMC.Com–Masyarakat Kabupaten Mamuju sempat di kejutkan dengan munculnya asap tebal yang berasal dari Pulau Karampuang siang hari tadi, Minggu (18/08/2019).

Setelah diselidiki oleh pihak kepolisian dari Polres “Metro” Mamuju, ternyata asap tersebut berasal dari kebakaran hutan dan lahan seluas 3 Ha di dusun gunung gembira pulau karampuang kecamatan Mamuju, Kab. Mamuju.
Personil Polres “Metro” Mamuju yang tiba dilokasi kejadian dengan menggunakan kapal patroli Polair langsung memadamkan kobaran api yang dibantu oleh masyarakat sekitar dengan menggunakan alat seadanya.

Saat dikonfirmasi, Kapolres ‘Metro” Mamuju AKBP Mohammad Rivai Arvan, S.I.K., M.H. membenarkan hal tersebut, ia menjelaskan bahwa mulanya ia menerima laporan dari masyarakat melalui pesan singkat WA yang melaporkan tentang adanya kepulan asap di pulau karampuang.

Menindak lanjuti laporan tersebut, ia langsung memerintahkan personilnya agar segera mendatangi TKP yang dimaksud untuk memadamkan kebakaran dan melakukan penyelidikan penyebab terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

” Awalnya saya mendapat pesan singkat WA dari salah seorang masyarakat tentang adanya dugaan karhutla, kemudian saya memerintahkan anggota untuk bergerak cepat menuju ke TKP, setibanya disana ternyata laporan tersebut benar dan anggota langsung melakukan pemadaman api “, Tutur Kapolres “Metro” Mamuju.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar jangan sekali – kali melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar, baik itu lahan pertanian ataupun lahan perkebunan karena hal tersebut bertentangan dengan UU RI No.41 Tahun 1999 tentang kehutanan dan UU RI No.32 Tahun 2014 tentang perkebunan dengan ancaman pidana 15 Tahun penjara dan denda 15 Milyar Rupiah.

Berita Lainnya

PT.DUA KAWAN SULBAR -Mamujumediacenter.com Copyright 2018 ©. All Rights Reserved.