Mamuju Media Center
NEWS TICKER
Minggu, 16 Februari 2020 | 2:42 am
Reporter:
Posted by: mamuju media center
Dibaca: 267

Perumda Sebuku Energi Malaqbi Tegaskan, Participating Interest akan segera cair.

Perumda Sebuku Energi Malaqbi Tegaskan, Participating Interest akan segera cair.

Mamuju,MMC.COM- Kabar Gembira untuk Provinsi Kalsel dan Sulbar terkait jatah Participating interest (PI Entitlement) dari hasil ekplorasi migas di Blok Sebuku di Pulau Lari-Larian, Kotabaru menemui titik terang. Bahkan diperkirakan jatah tersebut diberikan pada bulan Maret mendatang.

Jatah hasil ekplorasi migas Blok Sebuku ini didapat Kalsel dan Sulbar melalui skema Participating Interest (PI) yang ditangani PT Dangsanak Banua Sebuku (DBS) dan Sebuku Energi Malaqbi sebagai perusahaan daerah yang dibentuk oleh kedua provinsi tersebut.

“Ini tentunya kabar baik bagi warga Prov Sulbar dan Majene. Kami perkirakan kalau tak akhir bulan Maret, atau awal bulan April mendatang,” beber Direktur Utama Perumda Sebuku Energi Malaqbi , Haris Hanaping di Mamuju, Minggu (16/2).

Haris membeberkan, kabar membahagiakan ini didapat pihaknya, setelah pada 24 Januari tadi bersama PT Sulbar Energi Malaqbi (SEM) yang merupakan perusahaan pengelola PI dari Sulawesi Barat (Sulbar) bertemu Presiden Mubadala Petroleum. Perusahaan ini sendiri adalah kontraktor kegiatan eksplorasi migas di Blok Sebuku. “Tinggal menunggu persetujuan menteri,” imbuhnya.

Saat itu terangnya, DBS bersama SEM melakukan uji tuntas dari proyeksi ke depan, prospek, laporan keuangan hingga data-data teknis. Setelah itu, baik DBS maupun SEM tinggal menunggu penawaran resmi dari PT Mubadala Petroelum sebagai partner mengelola blok sebuku.

Sebelum pertemuan itu sendiri, Haris mengaku pada tahun 2019 sudah bertemu juga dengan Presdir Mubadala Petroleum, Abdel Hamidi untuk membahas hal yang sama. “Jauh sebelum open data room. Dia menjanjikan di kuartal pertama Tahun 2020 ini. Kami anggap bulan Maret atau April,” tambahnya.

Lalu berapa yang didapat oleh Kalsel dan Sulbar ? Haris mengaku belum bisa memastikan. Pasalnya, masih ada tahapan selanjutnya. Termasuk persetujuan dari menteri. “Kuncinya ada di persetujuan Menteri. Kami tinggal menunggu,” tukasnya.

Haris mengungkapkan, percepatan mendapatkan PI ini dibantu dan melibatkan konsultan profesional dari ITB yang sudah sangat berpengalaman di dunia migas. “Kami tegaskan Sulbar akan terus berjuang untuk Pqrticipating Interest ini. ” tegasnya.

Sekadar diketahui, saham PT Mubadala Petroleum dimiliki tiga perusahaan. Sebanyak 70 persen PT Pearl oil, 15 persen milik Inpex South Makassar dan Total E & P Sebuku menguasai 15 persen.

Sementara itu Direktur Operasional Perumda Sebuku Energi Malaqbi Asrul Abu mengatakan, “nilai investasi dalam pengelolaan Blok Sebuku ini mencapai 500 Dolar AS atau sekitar Rp5 triliun lebih. Adapun cadangan potensi gas bumi setara 370 miliar kaki kubik, dengan perkiraan produksi per hari 100 juta standar kaki kubik. Sedangkan produksi kondesat 94 barel minyak per hari atau 34.310 barel per tahun.”tutup Asrul.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

PT.DUA KAWAN SULBAR -Mamujumediacenter.com Copyright 2018 ©. All Rights Reserved.