Mamuju Media Center
NEWS TICKER
Jumat, 12 Juli 2019 | 2:00 am
Reporter:
Posted by: mamuju media center
Dibaca: 17

KANWIL KEMENHAN SULAWESI BARAT GELAR SARASEHAN PEMBERDAYAAN PERTAHANAN NEGARA DI KAMPUS POLTEKKES MAMUJU.

KANWIL KEMENHAN SULAWESI BARAT GELAR SARASEHAN PEMBERDAYAAN PERTAHANAN NEGARA DI KAMPUS POLTEKKES MAMUJU.

Mamuju, Bertempat di Aula Kampus Poltekes Mamuju Prov. Sulbar dilaksanakan Sarasehan Pemberdayaan Pertahanan Negara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan RI kantor wilayah Sulawesi Barat, dengan tema ” Meningkatkan semangat bela Negara bagi generasi muda dalam rangka mewujudkan Pertahanan Negara yang tangguh ” ( 11/07/19 ).

Kanwil Kemenhan sulawesi Barat Kol.(Sus) Rudyanto mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dala upaya menumbuhkan semangat bela negara bagi adik-adik mahasiswa kita.”ujar Rudy.

Hadir sebagai pemateri Kasi Ter Korem 142/Tatag Mayor Arm Novan Andriansyah menjelaskan tentang Ancaman Non Militer serta pengaruhnya terhadap Pertahanan suatu Negara, ancaman Non Militer merupakan ancaman yang tidak bersifat fisik, serta bentuknya yang tidak terlihat, seperti pada ancaman militer, karena ancaman ini berdimensi ideologi, politik,ekonomi, sosial budaya, teknologi informasi serta keselamatan umum.

Lebih lanjut Mayor Arm Novan Andriansyah mengatakan bahwa tugas TNI ada dua yakni Operasi militer perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), didalam penjawantahan OMSP terdapat 14 sub yang harus dilaksanakan Salah satunya adalah mengatasi saparatis dan membantu Pemerintah Daerah.

Kasi Ter juga mengurai secara singkat tentang ketahanan Nasional dan mengatakan bahwa ketahanan Nasional itu merupakan kondisi dinamik suatu Bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan
yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan Nasional dalam menghadapi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan baik internal maupun eksternal secara langsung maupun tidak langsung membahayakan integritas, identitas, kelangsungan hidup Bangsa dan Negara serta perjuangan mencapai tujuan Nasional.

Dihadapan Mahasiswa Poltekes ia mengingatkan bahwa persoalan Bangsa dan Negara bukan hanya terletak pada TNI tetapi seluruh komponen Bangsa turut andil didalamnya termasuk Mahasiswa sebagai kontrol sosial. Kata Mayor Arm. Novan.

Berita Lainnya

PT.DUA KAWAN SULBAR -Mamujumediacenter.com Copyright 2018 ©. All Rights Reserved.