Mamuju Media Center
NEWS TICKER
Sabtu, 12 Januari 2019 | 4:30 pm
Reporter:
Posted by: mamuju media center
Dibaca: 241

H.Amran HB (Anggota DPRD Sulbar 2009 -2014 ) : Penguatan Ekonomi Kerakyatan berbasis Usaha Kemitraan.

H.Amran HB (Anggota DPRD Sulbar 2009 -2014 ) : Penguatan Ekonomi Kerakyatan berbasis Usaha Kemitraan.

Mamuju,MMC.Com -H.Amran HB ,salah satu politikus Partai Hanura menuturkan konsep pembangunan berbasis Ekonomi kerakyatan, Salah satu masalah yang dihadapi masyarakat lemah adalah dalam akses mencari modal. Dalam pasar uang masyarakat pedesaan, terus didorong untuk menigkatkan tabungan. Tetapi ketika mereka membutuhkan modal mereka diperlakukan diskriminatif oleh lembaga keuangan. Sehingga yang terjadi adalah aliran modal yang ke masyarakat lemah menjadi ke masyarakat yang kuat. Lembaga keuangan atas posisinya sebagai perantara, maka didalamnya berbagi resiko dengan borrowers, memberikan informasi kepada borrowers, dan menyediakan liquiditas. Dan atas masalah tersebut maka masyarakat kecil tidak bisa lagi melakukan tawar menawar dengan pihak lembaga keuangan.

Tentunya dalam hal ini sudah terjadi adanya keterlibatan masalah politik maka cara penyelesaiannya pun tidak bisa hanya dengan menlakukan pendekatan ekonomi saja tetapi juga dalam bidang politik dan kebijakannya.

Konsep pendekatan Pemberdayaan Ekonomi kreatif yang akan diwujudkan adalah :

Bantuan Modal

Sistem atau kebijakan yang kondusif untuk memperluas akses usaha mikro, usaha kecil dan menengah ke lembaga keuangan sudah cukup banyak seperti KUT, KKOP, KMK-BPR, KKPA PIR, KPKM, KMK-UKM,dll. Alternatifaction untuk masyarakat ini jauh lebih baik dari pada pemberian dana bergulir. Hal ini  relevan dengan tujuan pemberdayaan ekonomi rakyat yang akan menjadikan, ekonomi rakyat sebagai ekonomi yang tangguh, mandiri, berdaya saing dan modern.

Bantuan Pembangunan Prasarana

Komponen terpenting dalam usaha pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi adalah pembangunan prasarana produksi dan pemasaran. Tersedianya prasaran pemasaran dan atau transportasi dari lokasi produksi ke pasar, akan mengurangi rantai pemasaran dan pada akhirnya meningkatkan penerimaan petani dan pengusaha mikro, pengusaha kecil dan menengah.

Bantuan Pendampingan (Monitoring &Evaluasi)

Pendampingan masyarakat tunadaya memang sangat penting. Tugas utama pendampingan ini adalah memfasilitasi proses belajar dan menjadi mediator untuk penguatan kemitraan baik antara usaha mikro, kecil maupun menengah dengan usaha besar.

Penguatan Kelembagaan (Controlling Process)

Pengelompokan atau pengorganisasian ekonomi diarahkan pada kemudahan untuk memperoleh akses modal kelembaga keuangan yang telah ada dan untuk membangun skala usaha yang ekonomis.

Penguatan Kemitraan Usaha

Pemberdayaan dalam bidang ekonomi adalah penguatan bersama, dimana yang besar hanya akan berkembang kalau ada yang kecil dan menengah dan yang kecil akan berkembang kalau ada yang besar dan menengah.

Konsep ini akan menjadi Fokus Utama H.Amran HB ketika di berikan amanah oleh masyarakat Sulbar pada pileg 2019 Insya Allah.

Berita Lainnya

PT.DUA KAWAN SULBAR -Mamujumediacenter.com Copyright 2018 ©. All Rights Reserved.