Mamuju Media Center
NEWS TICKER
Senin, 15 Juli 2019 | 11:17 am
Reporter:
Posted by: mamuju media center
Dibaca: 48

DANDIM 1401/MAJENE BERI WAWASAN KEBANGSAAN KEPADA SISWA SMA 2 MAJENE

DANDIM 1401/MAJENE BERI WAWASAN KEBANGSAAN KEPADA SISWA SMA 2 MAJENE

Majene. Separatisme harus selalu diwaspadai, sebab Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan kerangka utama yang mendasari pembentukan bangsa dan negara Republik Indonesia.

“Negara kesatuan terbentuk dari keberagaman suku, budaya dan bahasa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke yang dikenal dengan Bineka Tunggal Ika,” kata Komandan Kodim 1401 Majene Letkol inf Ragung Ismail Akbar di Aula SMA Negeri 2 Majene, Senin (15/7/2019).

Materi yang dibawakan Letkol Ragung kepada siswa siswi SMA Negeri 2 Majene ini adalah Wawasan Kebangsaan (Wasbang).

Pengertian wawasan kebangsaan, katanya adalah cara pandang Bangsa Indonesia, Pancasila UUD tahun 1945, dan bagaimana mencapai tujuan Nasional yang mencakup perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai kesatuan politik, sosial budaya, ekonomi dan pertahanan keamanan.

“Setiap warga negara wajib memiliki wawasan kebangsaan agar bisa mengutamakan persatuan dan kesatuan negara tercinta. Wawasan tersebut tentu harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi suatu bangsa seiring perkembagan dari masa ke masa, tanpa harus melupakan jati diri bangsa, perlu sekali menyesuaikan diri sesuai perkembangan dalam implementasi sehari-hari,” kata Letkol Ragung.

Lebih jauh kata dia, dalam kerangka NKRI, wawasan kebangsaan adalah cara kita sebagai bangsa Indonesia di dalam memandang diri dan lingkungan untuk mencapai tujuan nasional, mencakup perwujudan kepulauan nusantara sebagai kesatuan politik, sosial budaya, ekonomi dan pertahanan keamanan, dengan berpedoman pada falsafah Pancasila dan UUD 1945 atau dengan kata lain bagaimana kita memahami Wawasan Nusantara sebagai satu kesatuan.

Ia juga menyinggung keberadaan media sosial (Medsos).

Medsos katanya, memiliki dampak besar pada kehidupan saat ini, sehingga harus bijak dan bisa memilah apa yang boleh dan tidak boleh dibagikan kepada orang lain.

“Bijaklah dalam menggunakan Medsos, karena Medsos bisa memicu konflik,” ajak Ragung seraya menambahkan agar para siswa siswi berhati-hati dalam membagikan info pribadi, jangan sampai informasi penting tersebut disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Diketahui kegiatan Wawasan Kebangsaan ini dilaksanakan secara serentak di SLTA dan SLTP di Wilayah Kab Majene oleh Jajaran Koramil Kodim 1401/Majene dan pematerinya ialah para Danramil dan Babinsa yang ada di wilayah masing-masing.

Berita Lainnya

PT.DUA KAWAN SULBAR -Mamujumediacenter.com Copyright 2018 ©. All Rights Reserved.