Mamuju Media Center
NEWS TICKER
Jumat, 4 Oktober 2019 | 9:35 pm
Reporter:
Posted by: mamuju media center
Dibaca: 81

Bank Sulselbar Cabang Utama Mamuju Bekerjasama dengan Asosiasi Petani dan Pengusaha Minyak Atsiri Sulawesi Barat (APPMA SULBAR) Kembangkan Produksi Minyak Nilam Sulbar.

Bank Sulselbar Cabang Utama Mamuju Bekerjasama dengan Asosiasi Petani dan Pengusaha Minyak Atsiri Sulawesi Barat (APPMA SULBAR) Kembangkan Produksi Minyak Nilam Sulbar.

Mamuju,MMC.COM– Asosiasi Petani dan Pengusaha Minyak Atsiri (APPMA) Provinsi Sulawesi Barat mencanangkan target ekspor produksi Minyak Nilam asal Sulawesi Barat.

Hal ini di sampaikan oleh Ketua Asosiasi Petani dan Pengusaha Minyak Atsiri (APPMA) Provinsi Sulawesi Barat, Asrul Abu saat melakukan silaturahmi dengan Kapolda Sulawesi Barat Brigjend Pol.Baharuddin Jafar di Mapolda Sulawesi Barat, Jumat 04 Oktober 2019.

Dalam kegiatan ini APPMA bersama jajarannya dan di dampingi Mitra kerja APPMA dari Perbankan dalam hal ini Pimpinan Cabang Bank Sulselbar Mamuju, H.Syarifuddin Haruna, SE,MM menyambangi Kapolda Sulawesi Barat ,tujuan dari kegiatan ini adalah menjalin silaturahmi dengan Kapolda Sulawesi Barat sekaligus APPMA berkoordinasi dengan Polda Sulbar terkait Jaminan keamanan investasi para pengusaha minyak atsiri di Sulawesi Barat”.Papar Asrul.

Lebih Jauh Asrul menambahkan bahwa pihaknya dalam waktu dekat akan mendorong komoditi tanaman Nilam di Sulawesi Barat untuk Swasembada sehingga bisa menjadikan Provinsi sulawesi barat sebagai salah satu daerah eksportir Minyak Nilam di Indonesia , mengingat saat ini Indonesia sebagai salah satu pemasok Minyak nilam terbesar di dunia dengan 90% minyak nilam berasal dari indonesia yang di ekspor ke beberapa negara dunia. Saat ini Sulawesi Barat baru hanya bisa memproduksi dan memasok sekitar 3-5 ton produksi minyak nilam per bulannya.”papar Asrul.

Saat ini APPMA Sulbar tengah fokus melakukan pengembangan kepada para petani nilam di sulawesi barat hal ini di tandai dengan akan di tandatanganinya MoU dengan Mitra kerja antara Lain Bank Sulselbar Cabang Utama Mamuju sebagai Pihak pembiayaan pengembangan tanaman Nilam kepada para petani dan Ghivoudan selaku salah satu Buyer terbesar Minyak Nilam di indonesia.

Syarifuddin Haruna (Pincab Bank Sulselbar Mamuju) membeberkan bahwa pihaknya saat ini bekerja sama dengan APPMA Sulawesi Barat telah menyalurkan bantuan Kredit Usaha Rakyat kepada para petani Nilam di Sulawesi Barat kurang lebih hampir 5 Milyar kepada para petani nilam yang tersebar di seluruh wilayah Sulawesi Barat”.Papar Syarif. Dan kedepan setelah MoU ,pihaknya akan menambah alokasi anggaran KUR guna menggenjot produksi Minyak Nilam di Sulawesi Barat .”imbuh syarif.

Sementara itu Kapolda Sulawesi Barat menyambut baik dengan terbentuknya Asosiasi Petani dan Pengusaha Minyak Atsiri Sulawesi Barat dan berjanji akan membantu upaya-upaya APPMA Sulbar dalam Keamanan Investasi dan kerjasama dengan pihak-pihak investor Minyak Atsiri dan seluruh produk Turunannya.”.Ujar Kapolda Sulbar.

APPMA Sulawesi Barat hingga oktober 2019 ini tengah membina kurang lebih 1.000 petani nilam yang tersebar di berbagai wilayah Sulawesi Barat antara lain :Bonehau,Kalonding ,Leling, Kalukku dan beberapa daerah lainnya.

Berita Lainnya

PT.DUA KAWAN SULBAR -Mamujumediacenter.com Copyright 2018 ©. All Rights Reserved.